Laman

Jumat, 18 Agustus 2017

#2 Pengalaman Lolos Seleksi Call Center di PT Vads Yogyakarta

Tahapan tes di Vads sama seperti di perusahaan yang lainnya, psikotes, wawancara, tes pengetahuan umum, typing test dan yang terakhir FGD (forum group discussion). Masing-masing akan aku bahas disini, mengenai gambaran test nya seperti apa, okay kita mulai dengan hari pertama..

Hari pertama, jumat 21/07/17 memenuhi panggilan untuk test yaitu test pengetahuan umum. Sebelum test, kita diminta untuk masuk ke sebuah ruangan dan diberikan motivasi dan sedikit profile mengenai PT.Vads, selain itu kita juga akan diberitahukan mengenai kontrak kerja, apa aja yang bakal kita dapetin selama bekerja disana, jam kerjanya, libur kerja, ijin, cuti, nah bagian yang aku suka adalah transparansi mengenai gaji, mereka langsung memberitahukan nominal gaji yang bakal kita dapet beserta rinciannya secara detail. Asiknya adalah selepas mereka memberitahukan mengenai hal-hal tersebut, kita diberikan kesempatan untuk memilih untuk lanjut atau memikirkan lebih matang lagi, sebagian dari batch ku ada sekitar enam orang yang memutuskan untuk pulang.Setelah kepulangan mereka kita disuguhkan sebuah video tentang team work mereka, gimana kompaknya dan solidnya mereka. Setelah selesai kita dipindahkan ke ruangan lain untuk test pengetahuan umum, yang isinya adalah test bahasa inggris, test komputer, dan test menghitung. Semua tesnya pilihan ganda, bahasa inggris nya dasar banget, test komputer cuman basic nya aja, contohnya ya kalau mau copy text langkahnya pakai ctrl+c atau ctrl+z atau ctrl+v, yang terakhir test menghitung, ini juga basic banget..kita disitu diminta menghitung dengan soalnya berbentuk cerita..tapi tenang ceritanya semua hampir sama alurnya, waktu itu soalnya mengenai tarif telfon xl. Karena jam menunjukkan jam makan siang kita dipersilahkan untuk istirahat dulu, setelah jam makan siang selesai kita kembali lagi untuk wawancara HRD, pertanyaannya sangatlah simple bin sederhana, perkenalan, pengalaman sebelumnya, kenapa mau kerja di vads, ada rencana study nggak untuk setahun mendatang, dan masalah terberat yang pernah dihadapi, gampang kan? Jadi relax aja waktu test, jawab sebisanya dan jangan gugup. Test terakhir untuk hari ini adalah typing test, apa itu typing test? Typing test adalah tes untuk mengetahui kecepatan mengetik kita berapa wpm (word per minute)?berapa % keakuratannya? Mereka mengatakan standart nya adalah 40wpm dan 90% untuk akurasinya, sayangnya aku hanya mendapatkan 37wpm dan 89% keakuratan (alhamdulilah masih lolos seleksi ke tahap berikutnya).

Pada hari berikutnya test nya adalah psikotes. Lalu aku dan pelamar yang lainnya diminta untuk masuk ke salah satu ruangan yang sudah dipersiapkan. Di satu ruangan tersebut tester melakukan dua pengetesan yang berbeda, satu kelompok test “test koran”, kelompok lainnya “test iq”, gambarannya seperti itu. Apa aja sih yang di test di psikotest? Yang ditest adalah test koran, test iq (melanjutkan gambar-gambar didalam kotak), papi costic, yang terakhir adalah draw a person test (gambar orang sesuai dengan instruksi tester). Test teakhir ini akan menentukan kita menuju ke seleksi terakhir yaitu FGD.

Sms panggilan dari PT. VADS pun aku terima, aku lolos seleksi dan di minta untuk FGD senin 24/07/17. Mendapat informasi dari teman yang sudah test, aku langsung  mencari bahan materi yang akan di berikan waktu FGD, ada empat topik yang akan dibahas, taxi online, masalah perempuan (kesesetaraan gender), LGBT, dan ujian nasional.. aku saranin sih kita baca-baca materinya, supaya nanti bisa berargumen dan gak gugup. Kita dibagi menjadi empat kelompok, aturannya adalah kelompok pertama menanggapi kelompok kedua, kelompok kedua menanggapi kelompok ketiga begitu dan seterusnya. Di satu kelompok akan dipilih untuk membacakan materi yang sudah diberikan oleh moderator dan menanggapinya, kemudian setelah itu akan ditanggapi oleh kelompok yang sudah di atur untuk menyanggah pendapat tersebut, begitu sampai seleai (selesai disini yang di maksudkan, sampai semu orang dalam kelompok sudah memberikan pendapatnya). Disini ditegaskan bahwa yang dinilai bukanlah pendpatnya, namun yang dinilai adalah kecakapan dalam menyampaikan pendapat, intonasi, dan bahasa yang disampaikan tidak medok, hal itu akan dinilai oleh tim penilai yang sudah berada di belakang peserta FGD. Tes tambahan yang diberikan oleh tim penilai waktu itu adalah kita semua diminta untuk mengatakan “selamat pagi, dengan (nama kalian) ada yang bisa di bantu?” dengan nada alunan seperti seorang call center. Setelah semua kelompok selesai, orang yang lolos dan gugur akan langsung diberitahukan saat itu juga, ada sekitaar 5-6 dari 24 orang yang tidak lolos, sisanya sekitar 19-18 orang, yah lumayan banyak sih..

Saran untuk calon pelamar PT. Vads:
- cari tau informsi mengenai vads itu apa
- belajar typing test online
- belajar tentang psikotest yang sudah aku sebutin di atas
- bagi yang medok bisa belajar baca sebuah tulisan dan direkam, setelah itu di dengerin deh pasti kamu bakal ngerti medoknya dimana dan perbaikilah habis itu. Belajar terus rekam-dengerin-rekam-dengerin sampe medoknya ilang wkwk
- bagi yang sering gugup dan ngomongnya terbata-bata, bisa coba ngehafalin sebuah dialog call center dan berlatih dengan berkaca, begitu terus sampai timbul rasa percaya diri (pengalaman pribadi aku)
- antimainstream  suggestion, untuk belajar tentang call center, kamu bisa praktek langsung dengan menelfon call center

Pendapat penulis (subjektive):
- Tes nya dilakukan secara cepat dalam 3hari langsung kelar (menyenangkan sih, jadi nggak menyita waktu)
- Suasana kerjanya yang santai (mungkin karna disana mayoritas anak muda kali yah)

49 komentar:

  1. aku hr selasa interview disana ka tapi cm typing test untuk posisi call center juga standard typing test nya hrs nya 30/90 tp aku sanggup nya di 40/82 dibilang suruh tunggu 2 mggu gk diinfoin bakal ada psikotest lg .. cm mau sharing aja sihh.. tp ya gitu . setiap abis jnterview suka masih baper krn nunggu hasil dan harap harap keterima ditambah lg dgn apa yg udh kita sungguhin pd interview hari itu ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya kak, sama.. smpai sekarang kalau nunggu masalah job gitu masih suka deg-degan , btw thankyou udah sharing pengalamannya kak

      Hapus
    2. Test typing mksdnya gmna tuh 30/90 huhu aku baru ikut walk in interview k sana

      Hapus
    3. hai kak gladys moningka salam kenal, 30/90 itu yang 30 wpm (word per minute), 90 itu ke akuratan nya kak, bisa kok belajar sendiri kak, googling aja "typing test indonesia" tu lumayan ngebantu kok :) . good luck ya

      Hapus
  2. Saya itu kemarin datang untuk typing test, namun hari senin nanti saya dipanggil untuk langsing fgd tanpa melalui test yang lainnya. Apakah hari senin saya langsung ditest semuanya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak, terimakasih sudah mampir di blog aku :)
      aduuh maaf kak baru sempet bales, kalau kemarin sempet ada temen dengan posisi yang beda dia langsung fgd tanpa test yang lain. btw gimana kak hasil test nya? atau ada pengalaman yang lain, bisa sharing kak

      Hapus
  3. Kak mau tanya nih, kakak FGD nya pakai b.indo atau b.inggris ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak maaf baru balas, dulu aku pakai b.indo :)

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Mau tanya kak, itu sistem kerjanya berapa hari ya senin-jumat, atau gimana ya? Dan waktu kerjanya berapa jam dalam sehari?

    BalasHapus
  6. Mau tanya kak, itu sistem kerjanya berapa hari ya senin-jumat, atau gimana ya? Dan waktu kerjanya berapa jam dalam sehari?
    Dan klo kita walk-in, apakah tahapannya sama ka?

    BalasHapus
  7. Mau tanya kak, itu sistem kerjanya berapa hari ya senin-jumat, atau gimana ya? Dan waktu kerjanya berapa jam dalam sehari?
    Dan klo kita walk-in, apakah tahapannya sama ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo kak Noussevy, seingetku hari kerjanya senin-minggu dan jam kerjanya itu 8 jam hanya saja mereka kan 24jam, walaupun perempuan tetep kena sift, dan itu yang membuat aku untuk cancel di vads ini karena ortu gak ngijinin. Sekedar informasi aja, saat tahapan interview teersebut diinformasikan kalau dapat sift yang sampai jam 1.00 pagi itu nanti akan dipesankan taxi untuk pulang ke rumah *CMIIW

      Hapus
    2. rumah CMIIW mksutnya apa kak?

      Hapus
    3. pulang ke rumah *Correct Me If I'm Wrong (koreksi jika aku salah)

      Hapus
  8. Kak mau tanya untuk tes hari pertama itu sampai jm brp ya?apa sampai sore..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak sampai sore.. karena ada beberapa tahapan tes yg harua diikuti

      Hapus
    2. Kak, jadi total hari test ada 3 hari ya kak?

      Hapus
  9. Untung gaji berapa ya kira2 ka kebetulan saya dari jawa barat takutnya gacukup buat idup hoho:(

    BalasHapus
  10. Kak mau nanya kok aku langsung di wa suruh wawancara ya. Padahal aku nggak masukin lamaran sama sekali 😂 takutnya kalo itu boongan 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh kalo itu gak tau ya kak, krna sepengalaman aku sih waktu itu harus apply lamaran dl baru dipanggil interview, mungkin bs ditanyakan kak utk panggilan interview dikantornya atau di luar kantor, kalau diluar kantor perlu diwaspadai penipuan kak

      Hapus
  11. Balasan
    1. Hai kak mifta, gaji UMR jogja kalo gk salah inget yaa

      Hapus
  12. Kak mau tanya dong buat materi untuk FGD tu dapet nya dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Materi FGD dr penyaji kak, nnti pada waktu test akan disampaikan materinya apa

      Hapus
  13. Kak mau tanya,kakak ngambil keputusan nggak jadi ngambil vads itu setelah masuk training atau sebelum training ?

    BalasHapus
  14. Kak mau tanya,kakak ngambil keputusan nggak jadi ngambil vads itu setelah masuk training atau sebelum training ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum training aku memutuskan tidak lanjut kak huhu

      Hapus
    2. kak maaf mau nanya, kenapa kk memutuskan buat tidak lanjut?

      Hapus
  15. Kak mau tanya untuk gaji itu umk jogja kan ? Ada tunjangan2 lainnya gak yaa ?

    BalasHapus
  16. Kak, aku kan tadi tes, tapi cuma psikotes abis itu interview. Dan aku dsuruh tunggu 1 minggu, ternyata bukan cuma aku, tapi semuanya apakah itu berarti kita harus nunggu? Ato di tolak ?

    BalasHapus
  17. Siang kak,sistem trainingnya itu gmn yah
    Kalo udah disuruh training
    Persentase diterimanya brp?
    Terimakasih...

    BalasHapus
  18. Selamat siang kak saya dapet panggilan psikotes & interview untuk hari senin tgl 25 Feb 2020 tapi posisi telemarketing padahal yang saya lamar call center

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama ka, saya jg dapet panggilan disana tapi buat tanggal 26 feb 2020.

      Hapus
    2. Maaf kak saya mau nanya, itu kakak kirim lamarannya lewat email bu Nimas atau ngisi di form lewat website pt vads nya ya? Soalnya saya kirim lamaran lewat email bu Nimas ternyata mailbox nya penuh, jadi saya ngisi lewat form websitenya.

      Hapus
    3. kalau ngisi form lewat email, terus tanggal interview diisi apa kak?

      Hapus
  19. Semangat semua pejuang cuan

    BalasHapus
  20. Aku barusan apply, kira² kelanjutannya dikabarin via apa ya?

    BalasHapus
  21. Gaji PT vads terbaru berapa ya? aku besok ada jadwal psikotest disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo ka, gimana tes psikotesnya? Lolos?
      Aku sabtu 5 des besok nih. Kasih tips dong psikotesnya hehehehe makasihhhh
      aku yg telematketing

      Hapus
    2. halo kak, aku juga dapet undangan psikotest tanggal 8 nih, itu sekalian interview di hari itu juga apa menunggu informasi selanjutnya ya kak untuk interviewnya?

      Hapus
    3. Gmn kk kmrin psikotesnya??bisikin dong apa aja testnya😃

      Hapus
    4. haloo kak gimana kemarin tesnya? tesnya apa aja? dan sekrang udah pengumuman belum?

      Hapus
  22. Hallo kk mau nanya, setelah training ada kemungkinan gak lolos gak kak?

    BalasHapus
  23. Kak dari 18 ornag tersebut apakah lolos semua?

    BalasHapus
  24. Kak, untuk FGD pake bahasa indo kah ?
    Terus kalau shift malam dan di pesankan taxi itu free di cover perusahaan atau bayar ya?

    BalasHapus