Laman

Senin, 19 Maret 2018

#4 Lolos Seleksi LAB. BUDI SEHAT Posisi Front Office


Hai readers.. kali ini aku akan share pengalaman lolos seleksi Front Office di Lab. Budi Sehat. Bagi kalian yang minat bekerja sebagai frontliner di Lab. Budi Sehat aku sarankan kalian baca dulu mengenai profil Budi Sehat dan juga baca tulilsan iniJ.

Informasi lowongan
Aku mendapatkan informasi mengenai lowongan ini dari salah satu teman yang sering melakukan medical check up yang bekerjasama dengan Lab. Budi Sehat. Setelah info tersebut aku langsung apply di Klinik Budi Sehat yang ada di jl. Janti. Lab. Budi Sehat buka dari jam 07.00-21.00 jadi kita bisa apply lamaran di jam tersebut dan dititipkan di satpam atau front office.

Tahapan seleksi
Perlu diketahui bahwa pusat Lab. Budi Sehat ada di solo, maka seluruh seleksi akan dilaksanakan di solo (kecuali pemeriksaan kesehatan). Ada empat tahapan seleksi di Lab. Budi Sehat, yaitu:

         1.      Seleksi tahap-1:       Tes kepribadian
Tes berhitung
Tes pengetahuan tentang Lab. Budi Sehat
Pengisian data diri
Interview

          2.      Seleksi tahap-2:      Interview manajer
Interview owner

         3.      Seleksi tahap-3:        Psikotes

         4.      Pemeriksaan kesehatan (dilaksanakan di Lab. Budi Sehat cabang terdekat)

Pembahasan masing-masing tahapan seleksi

Tes kepribadian ini sangat umum sekali, sama seperti tes rekrutmen di perusahaan-perusahaan kebanyakan..aku diminta untuk memilih diantara pilihan yang itu sesuai dengan diriku (tidak ada jawaban benar atau salah). Tes berhitung yang diberikan pun sangat sederhana, hanya tambah-kurang-kali-bagi yang angkanya puluhan hingga ratusan, tips dari aku adalah hitunglah soal yang mudah kalian kerjakan, misalnya kerjakan penambahan atau pengurangan terlebih dahulu, baru kalau ada sisa waktu kita bisa kerjakan pembagian dan perkalian..dan juga tidak disediakan kertas coretan jadi kita hanya bisa membayangkan angka-angka tersebut ditambah-dikurang-dibagi-dikalikan. Selanjutnya adalah tes pengetahuan tentang Lab. Budi Sehat, nah disini kita diuji dengan seberapa tahu kah kita tentang Lab. Budi Sehat..pertanyaannya cukup simple namun menyakitkan *duhh* yaitu berapa besaran biaya untuk melakukan pemeriksaan di Lab. Budi Sehat? Mulai dari USG, HSG, hingga Mammografi. Pertanyaan selanjutnya adalah syarat-syarat khusus untuk jenis pemeriksaan, seperti analisis sperma, hingga pap smear, lalu yang terakhir adalah prosedur pengoperasian LIS. Setelah semua tes selesai kita diminta mengisi data diri dan selanjutnya akan dipanggil intervew. Saat interview jangan ragu menanyakan segala sesuatu yang ingin kita ketahui, misalnya saja gaji? Kenapa kita harus tanya? Ya karena kita harus dong menghargai diri kita yang sudah susah payah mengambil pendidikan..masak gak tau mau dapet gaji berapa, penginterview sekarang ini juga sudah open mengenai nominal gaji, minimal diberitahukan diatas UMR, dibawah UMR, atau bahkan pas UMR.

Seleksi tahap ke dua adalah interview dengan manajer dan owner, hari interview ini adalah hari sangat melelahkan menurutku. Aku mendapat panggilan interview pukul 14.00 dan mulai interview pukul 15.30 dengan manajer, itupun aku harus menunggu ibu manajer tersebut mondar-mandir sibuk dengan handphone nya sampai pada akhirnya aku diinterview oleh orang lain. Pertanyaan nya pun mudah, aku diminta untuk menceritakan mengenai daftar riwayat hidup, lalu diberikan pertanyaan mengenai apa hal paling penting saat kita menjadi front office, dan selanjutnya aku diminta memeragakan saat menerima telfon. Interview selanjutnya adalah oleh owner nya langsung yaitu bapak budi, sangat singkat sekali ya..aku hanya ditanya kenapa ingin melamar posisi front office dengan pendidikan strata s1..pak budi ini pengertian sekali orangnya, beliau diberitahukan oleh staff nya bahwa aku ada kuliah dan mengejar ketera jam 16.15 dan interview pun dipercepat.

Seleksi tahap ke tiga yaitu psikotes, tempat untuk psikotes ada di LPSDM beralamat di solo baru. Tips dari aku adalah sebaiknya kalian sarapan sebelum tes ini, karena rangkaian test nya lumayan panjang dan tidak ada jeda. Pertama kita diminta untuk mengarang cerita tentang “aku dan masa kecilku” lalu tes aritmatika dan matriks gambar, dilanjutkan dengan tes draw a person dan draw a tree test..kemudian tes selanjutnya adalah tes wartegg. Tes wartegg adalah kita diminta melanjutkan gambar dari suatu pola misalkan titik, garis melengkung, persegi hitam,dll. Test terakhir adalah test koran atau pauli test, tes ini sangat menguras energi sekali ya, jadi aku sarankan bagi yang “beser” bisa ijin dulu ke toilet atau sekedar cuci muka. Test pauli adalah test mengenai grafik kinerja kita nantinya akan seperti apa jika berada dibawah tekanan, maka dari itu tester nanti akan memberikan aba-aba yang sangat keras saat meminta testee berpindah di kolom selanjutnya saat berhitung. Tips dari aku adalah lakukan semampumu, jangan ngoyo ataupun ingin menghitung sampai atas hingga tuntas, yang terpenting adalah kestabilan kita hingga akhir kolom dengan tingkat kenaikan atau penuruna yang tidak signifikan sekali.

Nah..kita sudah pada tahap seleksi terakhir yaitu pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan di cabang terdekat, tidak perlu harus ke solo. Biaya pemeriksaan kesehatan pun kisaran 300-400 ribu..tergolong murah menurutku.

Oke reders semoga tulisan ini membantu kalian yang akan seleksi di Lab. Budi Sehat ya, dan jangan lupa berdoa yang terbaik.. sukses selalu J
                                     

12 komentar:

  1. Hai mbak, mau tanya. Apakah gaji front office di budi sehat tidak lebih dari UMR ? Maaf saya pengen daftar tapi bukan domisili solo, jadi di solo ngekos, takutnya gajinya pas"an.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai kak fitara maaf banget gak bisa jawab pertanyaan kamu, karena aku gak sampai ke tahap tanda tangan kontrak jadi untuk gaji belum sempet di sounding sama pihak budi sehat :) terimakasih sudah mampir

      Hapus
  2. kak, kalau sudah di tahap pemeriksaan kesehatan apakah itu sudah pasti dterima ato belum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak, maaf baru bales hihi. kalau dulu saya di japri oleh orang lab nya katanya lasngusng diterima

      Hapus
  3. Kalau boleh th di posisi apa ka

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Giman kak udh ada kejelasan lom.. Seleksi kesehatannya lolos kah

    BalasHapus
  6. Dari jadwal interview ke psikotes berapa hari mba? Atau langsung mba?

    BalasHapus
  7. Kak test tekniks komputer tahap 2 itu apa aja? Makasii

    BalasHapus
  8. Medical check up nya apa aja kak?
    Terus untuk psikotesnya brp jam?

    BalasHapus